Kamis, 13 September 2012

Obat Sakit "g.a.l.a.u"


Galau, sudah bukan kata yang asing lagi di telinga kita. "Penyakit" ini, (yah,! saya kategorikan sebagai penyakit hati) kerap kali melanda para darah muda baik itu cowok maupun cewek. Biasanya galau timbul karena adanya masalah antara lawan jenis. Entah itu pacar, ttm (alias Teman Tapi Mesra) ,hubungan tanpa status, karena cinta yang terpendam, atau mungkin karena cinta bertepuk sebelah tangan (hhmm kasian..)
Kata galau ini sangat sering kita baca di jejaring sosial maupun saat mendengar kawan curhat. Sepertinya memang menjadi trend di kalangan kita, kaum muda. Galau itu wajar, tapi ini bukanlah hal yang patut dibanggakan.
Kenapa???

Jawabannya karena, pertama, saat seseorang berlaru-larut dengan "galaunya" hubungan atau interaksinya dengan orang lain akan berubah drastis. Yang tadinya ceria atau ramah akan berubah jadi jutek dan menyebalkan. Mereka seakan menumpahkan kekesalan yang dialaminya kepada orang lain.
 kedua, jika seseorang sering merasa galau (intensitas tinggi), beberapa persen kecerdasannya menurun. Logikanya, saat orang tersebut galau, yang akan difikirkannya hanya masalah yang ada. Daya konsentrasi saat memikirkan hal lain, kuliah atau pekerjaan misalnya, akan berkurang. karena fikirannya itu terganggu dengan masalah-masalah yang membelenggu.

Dalam Islam sangat banyak cara sebagai obat penawar galau. Biasa kita sebut dengan "Tombo Ati"
  1. Baca Al-Qur'an Beserta Maknanya,
    Al-Qur'an adalah firman Illahi, Sang pemilik jagat raya serta yang menguasai hati manusia. Jika kita membaca ayat-ayat di dalamnya pasti ada suatu kesejukan yang menyeruak di kalbu kita., apalagi jika kita rutin membaca artinya. yang tentunya lebih bisa kita pahami. Dengan cara inilah mereka yang sedang galau bisa terobati.

    Allah SWT. melarang hambaNya bersedih. Bagaimana kita tidak merasa bahagia Sang Khaliq yang Maha Segala menginginkan kita selalu bahagia.

    لاَ تَحْزَنْ إِنَّ اللّهَ مَعَنَا
    “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’ala bersama kami.” (QS. At Taubah: 40

    Bukankah suatu kemuliaan bagi manusia jika sang Maha Pencipta sudi menyertai hidupnya? Inilah janji Allah Subhanahu Wata’ala Allah Subhanahu Wata’ala Ta’ala dalam firman-Nya:

    (١٥٣
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ ﴿
    “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’ala bersama orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah:153).
  2. Sholat Tahajud
    Selain pahala yang dijanjikan oleh Allah bagi yang melaksanakan Tahajud, manfaat lain dari sholat sunah ini adalah diperolehnya kesehatan jasmani dan ruhani. Sholat sunah ini dilaksanakan sepertiga malam dengan penuh keheningan. udara pun sangat sejuk yang mampu membuat fresh  fikiran yang sedang didera berbagai masalah. suasana hening dan tenang membuat kita bisa berkonsentrasi dalam beribadah dan mengadu segala masalah yang dihadapi kepada Sang maha Mendengar. Do'a di sepertiga malam sangatlah mustajab, karena disaat banyak orang bergulat dengan mimpi, yang bertahajud menengadahkan tangan memohon ketenangan batin dan kesehatan.
  3. Sering Bersama dengan Orang Shaleh
    Orang-orang yang dekat dengan Allah memiliki energi yang kuat untuk menarik siapa saja untuk bisa ikut mendekatkan diri kepadaNya. Beruntung sekali jika kita bisa bertemu dengan orang-orang pilihan ini. Kita bisa mencharge energi iman kita dengan memandang wajahnya dan mendengarkan nasehat-nasehat yang mengalir dari lisannya. banyak sekali manfaat yang dapat dipetik jika bergaul dengan kaum shalihin dengan sikap yang penuh adab, dalam tingkah laku fisik maupun hati. kedamaian dan berjuta ilmu senantiasa mengalir sehingga fikiran menjadi lebih tentram.
  4. Rajin Puasa
    Salah satu pencetus timbulnya penyakit yang banyak dialami manusia yaitu diakibatkan oleh stress/depresi. Teori tentang penyebab penyakit ini beragam, diantaranya faktor genetik, faktor psikososial, faktor kepribadian, dan faktor biogenikamin (serotonin dianggap sebagai neurotransmiter yang paling bertanggung jawab masalah depresi).
    Nah, dari segi medis maka faktor biogenikamin inilah yang membuktikan bahwa puasa mampu membuat jiwa kita menjadi lebih tenang. (http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/96088)
    Selain itu,Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam telah bersabda dalam hadits yg shahih bahwa puasa adalah benteng dari syahwat perisai dari neraka. Puasa bisa menekan segala hawa nafsu, baik itu nafsu seksual,amarah, sedih, dan emosi lainnya serta menahan dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehingga jadilah jiwa yg tenang dan pribadi yang beradab.
  5. Perbanyak Berdzikir di Sepertiga Malam
    Berdzikir merupakan kegiatan dimana kita menyebut kata-kata pujian kepada Allah. Berdzikir memiliki banyak manfaat bagi jiwa manusia. Antara lain :
·         Mengusir setan dan menjadikannya kecewa.
·         Mencari ridho Allah.
·         Menghilangkan rasa sedih,dan gelisah dari hati manusia.
·         Membahagiakan dan melapangkan hati.
·         Menguatkan hati dan badan.
·         Menyinari wajah dan hati.
·         Membuka lahan rezeki.
·         Menumbuhkan rona kewibawaan disenangi dan dicintai manusia.
 Nah, seperti itulah cara2 kita menghindari bahkan mengusir galau dari hati kita. Berserah diri kepada Sang Penguasa Hati manusia. Kadang para remaja menganggap hal ini hanya omong kosong (ga percaya) tapi ini adalah cara yang telah diwariskan oleh Rasululloh saw. kepada ummatny untuk bisa menguasai hati mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(apa tanggapan anda??)